Muslim Negara Ini Berpuasa Hingga 20 Jam

DetakOKU.com INSPIRASI - Salah satu pelajaran yang dapat dipetik saat berpuasa adalah melatih kesabaran. Hal paling dasar yang umat muslim pahami saat berpuasa tentunya adalah sabar menahan lapar dan haus hingga kurang lebih 12,5 Jam menurut waktu Indonesia.

Beruntung Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Sehingga suasana Ramadhan akan terasa lebih meriah dan menyenangkan.

Tapi tahukah anda, di negara tertentu, umat muslimnya berpuasa hingga lebih 20 jam lebih lamanya. Apalagi di tengah lingkungan dimana Islam merupakan minoritas, dengan suasana kerja yang tetap seperti biasa. Tentunya terasa lebih ekstra berat untuk dijalani oleh muslim di negara tersebut.

Kalau sudah begitu, nampaknya kita perlu berpikir ulang untuk mengeluh dalam menjalani Ramadhan di Indonesia.

(urutan berdasarkan rangking)

7. TURKI (17,5 Jam)

Mirip dengan di sini, saat Ramadhan, suasana siang hari di Turki sangat lengang. Setelah matahari terbenam suasana sangat ramai. Warga berkumpul di restoran dan masjid. Negeri di dua benua ini juga punya tradisi membangunkan warga sebelum sahur dengan berkeliling sembari menabuh bedug. Sangat mirip dengan Indonesia.

6. KANADA (17,7 Jam)

Muslim di Kanada terbiasa mulai puasa pukul tiga pagi. Mereka harus bertahan selama 17, 7 jam hingga tiba waktu berbuka, saat hari mulai gelap.

5. INGGRIS (18,5 Jam)

2,7 juta umat muslim yang tinggal di negara ini hampir dapat dipastikan menjalani Ramadhan yang berat. Bahkan komunitas Islam Inggris menghimbau muslim agar waspada selama bulan Puasa 2015. Waktu puasa yang lama bisa menimbulkan bahaya kesehatan, terutama untuk kaum manula.

4. JERMAN (19 Jam)

Muslim Jerman tahun ini akan berpuasa selama 19 Jam, dari pukul tiga dini hari sampai jam sepuluh malam. Bandingkan dengan Indonesia

3. ALASKA (19,5 Jam)

Sekitar 3000 kaum muslim di negara bagian Alaska, Amerika Serikat, harus berpuasa sekitar 19 jam jika mengikuti waktu setempat. Sebagian lagi berkiblat pada waktu Arab Saudi, buka pada pukul tujuh malam.

2. SWEDIA (20 Jam)

Muslim Swedia mungkin paling kuat jika dibandingkan muslim belahan dunia lain. Terlebih jika Ramadhan jatuh di musim panas, umat muslim Swedia akan berpuasa lebih 20 jam.

1. ISLANDIA (22 Jam)

Umat muslim di negara ini harus menyelesaikan makan sahur pada jam 02.00 dini hari. Negara kepulauan di jantung Atlantik itu tercatat sebagai negara dengan jumlah muslim paling sedikit.

*dihimpun dari beragam sumber

Last modified on Tuesday, 23/06/2015

Go to top