Pendaftaran Taruna/Taruni Akmil Masih Dibuka Hingga 30 April

Pendaftaran Taruna/Taruni Akmil Masih Dibuka Hingga 30 April detakOKU.com / Istimewa

DetakOKU.com Palembang - Kesempatan masih terbuka bagi para lulusan SMA/MA program IPA untuk menjadi calon Perwira TNI Angkatan Darat melalui pendidikan Akademi Militer.

Pendaftaran atau penerimaan taruna/taruni Akmil TA. 2016 dibuka sampai dengan batas waktu tanggal 30 April 2016. Kapendam II/Swj Kolonel Arh Syaepul Mukti Ginanjar, S.I.P menjelaskan bahwa Mabes TNI AD memberikan kesempatan kepada seluruh pemuda/pemudi untuk mendaftarkan diri menjadi Taruna/Taruni Akmil sampai dengan 30 April.

Pendaftaran dilaksanakan di Ajendam II/Swj Jl. Urip Sumoharjo Sekojo Palembang dan Ajen Korem jajaran Kodam II/Swj(Palembang, Jambi, Bengkulu dan Lampung). Ditambahkan oleh Kapendam II/Swj bahwa setelah lulus dari pendidikan pertama di Akmil Magelang, akan diangkat menjadi Perwira dengan pangkat Letnan Dua dengan gelar ST.Han.

Lulusan Akmil selain dapat mengikuti pendidikan jenjang atau karier di lingkungan TNI, mulai pangkat Kapten diberi kesempatan untuk mengikuti program S2 dan S3 diluar negeri. 

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi dalam pendaftaran Taruna/Taruni Akmil meliputi persyaratan umum dan persyaratan tambahan.

Persyaratan umum, antara lain: Beriman dan bertakwa kepada Tuhan, WNI, sehat jasmani dan rohani, setia kepada NKRI, saat dilantik prajurit berumur paling rendah 18 tahun dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan dan lulus penyaringan. 

Selain itu, juga harus memenuhi persyaratan tambahan, seperti tidak bertato/bekas tato, tidak bertindik/bekas tindik, harus ada surat persetujuan orang tua/wali, bersedia mematuhi peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung serta persyaratan lain yang ditentukan / sesuai keperluan. 

Kapendam II/Swj juga menegaskan bahwa selama proses penerimaan, tidak dipungut biaya.

“Apa bila terbukti ada yang melanggar melakukan KKN, maka harus bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari pendidikan pertama, jika pelanggaran tersebut diketemukan dikemudian hari pada saat mengikuti pendidikan pertama,” tegasnya.  

Untuk informasi cara pendaftaran dan persyaratan selengkapnya dapat dilihat di website www.tniad.mil.id,http://rekrutmen-tni.mil.id atau ditanyakan langsung di tempat pendaftaran.

Go to top