Gelar Festival Band Ditengah Sungai, OKU Selatan Optimis Menjadi Tujuan Wisata Utama

Gelar Festival Band Ditengah Sungai, OKU Selatan Optimis Menjadi Tujuan Wisata Utama

detakoku.com MUARADUA – Untuk lebih mempromosikan Kabupaten OKU Selatan sebagai salah satu tujuan wisata utama di Sumatera Selatan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat akan menggelar perhelatan music dengan tajuk "Festival Saka Selabung" pada tanggal 10-11 September 2016 mendatang.

Demikian keterangan Kepala Dinas Budpar OKU Selatan Bahdozen Hanan, S.Pd, MM kepada awak media, Jum’at (02/09) sore.

Lebih lanjut Bahdozen menceritakan bahwa kalau di Negara Canada ada festival Band musim panas Woodstock, maka kita punya festival band musim kemarau yaitu Festival Saka Selabung yang mana Festival Band ini dilaksanakan disebuah pulau tepatnya ditengah tengah sungai Komering, yang membelah kota Muaradua.

“Selain menampilkan pagelaran music band, dalam acara terbut juga akan diadakan kegiatan bersih sungai, pemutaran film pendek karya anak muda OKU Selatan, dan pameran foto” papar Bahdozen.

Disebut Festival Saka Selabung, karena dengan even ini akan diperkenalkan bahwa sungai Komering yang mengalir dan bermuara ke sungai Musi ini awalnya adalah bersatunya aliran sungai Saka dan Sungai Selabung.

“Yang bertemu disebelah hulu kota Muaradua. Dan pertemuan kedua sungai inilah maka akhirnya nama ibukota OKU Selatan, diberi nama Muaradua” terangnya.

Untuk lebih memeriahkan perhelatan tersebut, kami juga mengundang pedagang kuliner di kota Muaradua ke Pulau Batu, tempat berlangsungnya festival. Selain itu juga pedagang souvenir khas OKU Selatan juga akan diundang untuk turut memeriahkannya.

“Jadi, masyarakat bukan hanya bisa menyaksikan penampilan grup band, tetapi juga bisa mandi sungai Komering, dan menikmati kuliner dari pedagang yang biasa berjualan dikota Muaradua” katanya menjelaskan.

Mengenai persiapan acara, sampai hari ini sudah mencapai 70 persen. Adapun peserta yang sudah mendaftarkan grupnya telah mencapai 12 grup band.

Sosialiasi atau promosi dari festival ini telah juga kami lakukan melalui media sosial, stasiun radio, media cetak dan online, bahkan panitia juga sudah mendatangi sekolah sekolah untuk mengajak mereka agar dapat turut berpartisipasi pada even yang keren ini.

Dalam kegiatan ini, akan tampil 30 grup band yang berasal dari OKU selatan, OKU, OKU Timur dan Lampung. Total hadiah yang disiapkan sebesar Rp. 15.000.000 (lima belas juta rupiah). Selain itu juga kami sediakan hadiah untuk gitaris, drummer, bassis, dan vokalis terbaik.

“Apabila even ini sukses, maka akan dijadikan even tahunan pada saat musim kemarau tahun depan. Sebagai daerah tujuan wisata, OKU Selatan harus mempunyai even-even khusus yang bersifat rutin. Dan saat ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata OKU Selatan telah mempunyai even rutin seperti Festival Danau Ranau, Trail Adventure, dan Festival Band tahunan” jelas Kadin optimis.

Terpisah, Martin Kepala Lingkungan Way Gugur Kelurahan Bumi Agung Kecamatan Muaradua tempat digelarnya festival, menyatakan bahwa warganya menyambut antusias even ini.

“Masyarakat di dekat pulau dapat berjualan, dan menyewakan penyeberangan lanting (rakit bambu) menuju tengah pulau” ujar Martin gembira.

Go to top