Pers Adalah Mitra Strategis Pemerintahan

Pers Adalah Mitra Strategis Pemerintahan

DetakOKU.com MUARADUA - Dalam rangka mengemban amanat undang-undang yaitu UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), dimana publik atau masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi program-program pemerintah, maka pers adalah salah satu lembaga yang dapat menjadi jembatan kepada masayarakat.  

Pers merupakan pilar keempat bagi demokrasi (the fourth estate of democracy) dan mempunyai peranan yang penting dalam membangun kepercayaan, kredibilitas, bahkan legitimasi pemerintah. Oleh karena itu Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten OKU Selatan akan lebih proaktif lagi dalam menggandeng awak media dalam mensosialisaikan program-program Pemkab OKU Selatan.

Demikian disampaikan oleh Jos Akherman, S.STP, M.Si selaku Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten OKU Selatan yang ditemui hari ini (7/10) dikantornya. Lebih lanjut Jos mengapresiasi terhadap aktivitas wartawan yang sudah demikian aktif dalam  memberitakan program pemerintah selama ini baik yang bernuasa positif ataupun negative, “itulah tugas kami disini (Humas dan Protokol –red)  untuk dapat menyaringnya”.

“Langkah proaktif kami dalam mempererat tali silaturrahmi dengan wartawan ini akan kami  wujudkan dengan pemberian  informasi kepada wartawan mengenai jadwal kegiatan Bupati ataupun program-program Pemerintah, dan sebagai Kabag Humas dan Protokol saya juga akan mempesiapkan semacam pra beritanya sebagai bahan press release yang akan kami sebarkan kepada insan pers seusai acara dilaksanakan”. Demikian dia menjelaskan.

Komunikasi secara langsung dan terbuka akan lebih mudah dalam mencari solusi  “Pada akhir tahun ini kami akan mengundang segenap awak media  dalam konferensi pers untuk mendengarkan apa yang menjadi persoalan-persoalan pemberitaan yang terjadi selama setahun ini dan tentunya kita akan merencanakan program-program untuk tahun depan” pungkas pria yang belum lama menduduki pos jabataan ini.

Go to top