Transportasi Umum ke Danau Ranau Masih Menjadi Keluhan

Danau Ranau Danau Ranau

DetakOKU.com MUARADUA - Danau Ranau masih menjadi destinasi wisata favorit bagi masyarakat Kabupaten OKU Selatan, OKU Timur maupun OKU. Terbukti dengan selalu ramainya setiap akhir pekan iring-iringan sepeda motor atau beberapa mobil menuju arah danau Ranau melintas di Kota Muaradua.

Akan tetapi ketersedian transportasi massal yang masih minim selalu menjadi keluhan warga yang akan menuju ke Danau Ranau untuk bertamasya.

Salah seorang warga Muaradua, Hendriana (30) yang ditemui saat akan berangkat ke Ranau mengendarai motor bersama suaminya. “Mobil angkutan umum hanya 1 atau 2 unit yang melintas ke arah Ranau, itupun mobil travel dari Palembang yang tentunya sudah penuh dengan penumpang,” keluhnya.

“Kalau keluarga yang mempunyai anak kecil atau bayi kan tidak mungkin kalau harus bermotor apalagi musim penghujan seperti saat ini, kalau ada angkutan umum yang beroperasi secara regular kan lebih nyaman dan murah tentunya dan totomatis wisatawan akan juga rutin menjadwalkan liburan mereka ke danau Ranau,” harapnya.

Saat dikonfirmasi mengenai hal ini, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten OKU Selatan, Bahdozen Hanan, S.Pd, M.Si diruang kerjanya mengatakan, ”Kami akan segera berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan fihak-fihak terkait lainnya,” ujarnya.  

“Saat ini yang masih kami lakukan untuk Danau Ranau adalah penertiban pungutan liar (pungli) menjelang tahun baru yang biasanya sangat ramai pengunjung bahkan banyak yang dari luar OKU Selatan seperti Palembang dan Kabupaten-kabupaten lain di Sumatera Selatan,” jelasnya singkat.

Go to top