Dinkes OKU Timur Gelar Sosialisasi BOK

DetakOKU.com MARTAPURA - Guna meningkatkan koordinasi pelaksanaan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) saat ini terus mengoptimalkan kinerja dengan melakukan sosialisasi pembinaan dan pergerakan manajemen BOK.

Kegiatan yang dilaksanakan di Parai Puri Tani Hotel, Sabtu (06/06/2015). Diikuti setiap perwakilan pihak puskesmas Kabupaten OKU Timur dengan tujuan agar adanya koordinasi awal bagi penyelenggaraan BOK tingkat Kabupaten dengan pelaksana program BOK di tingkat puskesmas dan jejaringnya, sesuai dengan juklak dan juknis yang telah ditetapkan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penyakit Menular Dinkes OKU Timur, Usman mengungkapkan, acara sosialisasi ini pada dasarnya untuk meningkatkan pencegahan dan promosi keseluruh program puskemas yang berada di OKU Timur untuk dapat bagaimana menangani kendala kesehatan yang terjadi di masyarakat dari dana BOK.

"Pada intinya acara ini meningkatkan daya ungkit program yang ada di Puskesmas terutama preventif dan promotif. Ini dana khusus pencegahan dan promosi jadi tidak bisa ditumpang tindih dengan BPJS, Jamkesda jadi khusus BOK," ungkap Usman.

Acara yang telah diselenggarakan kelima kalinya merupakan sebagai bentuk tujuan dari Millennium Development Goals (MDGs) Pemerintah Kabupaten OKU Timur.

Dalam acara itu juga, masih kata Usman, menekankan kepada setiap puskesmas yang berada di OKU Timur untuk dapat meningkatkan program preventif dan promotif dari dari BOK. Sehingga akan terwujudunya tujuan yang diharapkan Pemerintah Kabupaten OKU Timur.

Aspek preventif yang dapat digunakan dari dana BOK adalah pencegahan penyakit menular, pencegahan demam berdarah, malaria, dan penyakit lainnya.

Last modified on Monday, 08/06/2015

Go to top