Rayakan HUT RI Lewat Lomba Biduk

Suasana Lomba Biduk Sungai Komering dalam kemeriahan kegiatan HUT RI di OKU TIMUR Suasana Lomba Biduk Sungai Komering dalam kemeriahan kegiatan HUT RI di OKU TIMUR

DetakOKU.com OKU TIMUR – Ribuan orang menyemut di pinggiran sungai Komering desa Tanjung Kemala kota Martapura. Mereka antusias hadiri Balap Biduk yang diikuti puluhan tim dalam kegiatan lomba yang sengaja diselenggarakan oleh Pemerintah OKU Timur Selasa (18/8). Biduk adalah istilah masyarakat setempat untuk menamai perahu yang dahulu digunakan leluhur sebagai sarana transportasi.

“Sengaja kita gelar untuk sekaligus menghibur dan mengajak masyarakat agar lebih mencintai budaya,” ujar Kepala Badan Pariwisata Seni dan Budaya OKU Timur Drs Hendri MM.

Berasal dari kebudayaan setempat, lomba biduk seperti ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat setiap tahunnya, dimana aktivitas masyarakat sehari-hari bersentuhan langsung dengan sungai sejak nenek moyang dahulu kala.

Selain itu, turut digelar parade budaya yang menampilkan beberapa etnis budaya yang berada di Bumi Sebiduk Sehaluan yang dilaksanakan di Lapangan KONI Belitang. Ribuan warga menyaksikan parade budaya yang diikuti peserta dari berbagai kalangan, dari pelajar hingga umum.

“Dengan adanya parade budaya ini diharapkan mampu mengenalkan dan melestarikan etnis budaya tradisional yang ada di Indonesia, khususnya di OKU Timur,” pungkasnya.

Dini (19) warga Martapura, balap biduk memang jadi tontonan yang selalu ditunggu. Karena kegiatan ini hanya berlangsung setahun sekali saat perayaan HUT RI, ia mengaku antusias. "Seru lihatnya," imbuhnya.

Go to top