Raskin Tak Layak Wajib Diganti

Kondisi Raskin Kondisi Raskin

DetakOKU.com OKU TIMUR - Jika dalam penyaluran raskin (beras miskin) terdapat temuan kerusakan, misalnya berkutu, bubur dan kerusakan lain, menjadi tanggungan dari pihak penyuplai. Dalam hal ini, beras tak layak konsumsi akan diganti dengan yang baru secara gratis.

"Seharusnya jangan diterima kalau ketemu beras tak layak konsumsi, langsung kembalikan saja, naikkan lagi ke truk. Mintakan ganti," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Setda OKU Timur, Hanafi, Kamis, (5/11), di kantornya Kompleks Perkantoran Pemkab OKU Timur.

Sebagai penyuplai pasokan beras untuk rakyat miskin, sudah menjadi tanggung jawab pihak Bulog untuk mengganti kerusakan tersebut. "Antarkan ke Bulog, minta ganti, gratis tanpa ongkos," sambung Hanafi dan menyebut bahwa terlepas ada temuan kejadian beras tak layak di OKU Timur merupakan perkara insidentil saja.

Karena, kata dia, pemerintah sudah punya tim yang bertugas untuk memastikan melakukan kontrol raskin sebelum disalurkan. Pengecekan dilakukan di tiap mekanisme penyaluran raskin, dari gudang, ke kecamatan dan desa. Tim kabupaten yang dibentuk dari Bupati, Sekda OKU Timur, Bagian Kesejahteraan Rakyat dan asisten 4.

Tim memastikan di antaranya dari segi kualitas dan kuantitas raskin terpenuhi. "Makanya kalau pun misalnya ada, bahasanya, temuan raskin tak layak, itu sifatnya insidentil. Cuma beberapa, dari keseluruhan, lagipula ada jaminan diganti." katanya.

Untuk total keseluruhan kebutuhan Raskin OKU Timur per 2015 sebanyak 453.555 kilogram yang disalurkan ke 30.237 keluarga miskin atau bernama resmi Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM).

Go to top